By republika |

Menteri ESDM Minta Pertamina Tingkatkan Kegiatan Eksplorasi

Ladang Migas

Pertamina jangan hanya menunggu blok migas yang jatuh tempo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mendorong Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) melakukan eksplorasi minyak dan gas bumi (migas) lebih baik dan maksimal ke depan, termasuk Pertamina.

Baca Juga

Jemput Bola Demi Eksplorasi Migas Defisit Migas Diprediksi Tembus 10 Miliar Dolar AS Indef: Hambatan Domestik Jadi Momok Investor Migas

"Pertamina sendiri harus mempunyai semangat. Harus melakukan eksplorasi dengan sungguh-sungguh," ujar Jonan usai membuka Konvensi dan Pameran Indonesia Petroleum Association (IPA) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (4/9).

Menurut Jonan, Pertamina jangan sekadar menunggu blok migas yang jatuh tempo dan diteruskan oleh Pertamina. Meski hal tersebut, kata Jonan, tidak masalah, namun Jonan ingin Pertamina melakukan eksplorasi sendiri yang lebih gencar.

"Kalau di hulu mugas, kalau Anda mau bikin terobosan yang besar, mau ekspansi yang besar di bisnis itu, harus melakukan eksplorasi sendiri," kata Jonan.

Jonan berpandangan, Pertamina bisa terus berkembang hingga mengembangkan bisnisnya ke luar negeri asalkan mampu melakukan eksplorasi secara mandiri dan meningkatkan kualitas kinerja perusahaan.

"Ya kalau (Pertamina) bisa ekspansi (ke luar negeri) lebih bagus," ucap Jonan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini