By news.liputan6 |

Kelak Sagu di Sentani Bukan Hanya Sekadar Bahan Baku Papeda

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB),Doni Monardo

Liputan6.com, Sentani - Kelak sagu di Sentani, Jayapura, Papua bukan hanya sekadar bahan baku papeda. Pernyataan berkesan tersebut disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dalam acara "Kebersamaan dalam se-Helai Papeda dari Pinggiran Danau Sentani untuk Persatuan dan Kedamaian Bagi Tanah Papua dan Indonesia" di Bumi Kenambai Umbai pada Selasa (3/9/2019).

Dalam kunjungan tersebut, BNPB menyerahkan beberapa bantuan bagi warga Danau Sentani sebagai upaya pemulihan sosial ekonomi bagi warga Sentani yang terdampak bencana banjir bandang pada 16-17 Maret 2019 lalu.

Salah satunya bantuan mendirikan dua pabrik sagu yang rencana akan dibangun di Sentani. Rencana pabrik sagu yang dibangun dilatarbbelakangi Papua sebagai ladang sagu terluas di dunia.

Dua unit pabrik sagu juga akan dibangun sebagai langkah awal pemanfaatan tanaman yang banyak dijumpai di Sentani. Pemanfaatan ini menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual lebih.

"Sentani penuh dengan tanaman sagu. Papua adalah kawasan dengan hutan sagu terluas di dunia. Sayang, kalau (sagu) hal itu belum dimaksimalkan," ungkap Doni, sebagaimana keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Rabu (4/9/2019).